Penerapan Metode Thawāb Dan Iqāb Dalam Membentuk Akhlak Siswa Di Sekolah Dasar Aceh Besar

Main Author: Yunidar
Format: Journal
Terbitan: FITK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-9/86999-594-1133-1-SM.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode thawāb dan ?Iqāb dalam membentuk akhlak siswa di Sekolah Dasar Islam Aceh Besar. Metode thawāb dan?Iqāb adalah metode yang dilakukan dengan cara memberi anugerah (thawāb ) pada peserta didik yang berprestasi atau berperilaku baik dan hukuman (?Iqāb ) bagi mereka yang melanggar peraturan atau berperilaku tidak baik. Dalam menerapkan metode thawāb dan ?Iqāb dalam pendidikanini timbul permasalahan yaitu di antara keduanya mana yang didahulukan dan mana yang harus lebih dominan diberikan pada anak serta mana yang lebih efektif dalam membentuk akhlak siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk metode thawāb yang diterapkan yaitu berbentuk materi dan thawāb yang berbentuk imaterial. Adapun bentuk-bentuk metode ?Iqāb yang diterapkan di Sekolah Dasar Islam Aceh Besar yaitu bentuk ?Iqāb dengan isyarat, ?Iqāb dengan perkataan, serta ?Iqāb dengan perbuatan. 2) Di antara metode thawāb dan ?Iqāb, metodeyang lebih efektif dalam membentuk akhlak siswa adalah metode thawāb karena pengaruhnya terhadap perubahan akhlak siswa lebih bertahan lama daripada penerapan ?Iqāb. Mengenai metode yang lebih dominan antara thawāb dan ?Iqāb tidak dapat ditentukan secara pasti, karena setiap anak membutuhkan penanganan yang berbeda. Akan tetapi secara umum dapat disimpulkan bahwa di Sekolah Dasar Islam Aceh Besar lebih dominan penerapan thawāb dilihat dari sikap para pendidiknya yang lebih mendahulukan pemberian thawāb daripada?Iqāb. 3) Dalam penerapan thawāb tidak terdapat kendala yang terlalu berat hanya saja jika thawāb yang ingin diberikan berupa barang yang lumayan mahal maka terkendala dengan masalah dana.