Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch
Main Author: | Salma Hayati |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
FITK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-9/86998-593-1131-1-SM.pdf |
Daftar Isi:
- Instrumen Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) telah dibuat untuk mengukur pengetahuan guru tentang konsep PAKEM sebagai satu bentuk strategi pembelajaran yang diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dan madrasah.Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bukti empirik tentang validitas dan reliabilitas instrumen PAKEM dengan menggunakan analisis Model Rasch. Studi survey telah dilaksanakan terhadap 30 orang guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Provinsi Aceh. Validitas dan reliabilitas instrumen PAKEM diukur dengan model analisis rasch menggunakan program Winsteps. Pengujian keunidemensian terhadap 20 item instrumen mempunyai varians yang diukur pada 37.9% yaitu hampir mencapai titik poin minimal 40.0% yang diinginkan oleh model Rasch. Analisis Model Rasch menunjukkan indeks reliabilitas responden adalah 0.77 dan indeks reliabilitas item adalah 0.88. Dari segi item polaritas menunjukkan bahwa semua item mempunyai nilai Point Measure Correlation (PMC) yang positif berarti tidak ada konflik antara item dan konstruk yang diukur. Nilai Mean Square pula menunjukkan bahwa semua item mempunyai Mean Square lebih kecil dari 1.5 yang berarti nilai pengukuran yang produktif kecuali item Peng10 (2.21) dan item Peng1 (3.88). Untuk kedua item ini perlu diteliti kembali karena mempunyai masalah dalam mengukur validitas. Hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa instrumen PAKEM mempunyai nilai validitas dan realibilitas yang memenuhi untuk digunakan dalam mengukur pengetahuan strategi PAKEM bagi guru.