Metode Pembelajaran Tajwīd Didayah Jabal Nur Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara
Main Author: | Rizki Yullah |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
FITK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-9/86978-583-1111-1-SM.pdf |
Daftar Isi:
- Belajar membaca al-Qur?an bagi santri dayah merupakan suatu kewajiban, bahkan di beberapa dayah di Aceh diwajibkan menghafal al-Qur?an. Namun demikian masih didapati santri yang tidak bisa membaca al-Qur?an dengan baik dan benar berdasarkan tajwīd . Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan santri Dayah Jabal Nur dalam membaca al-Qur?an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses input peserta didik di Dayah Jabal Nur ialah dengan melakukan analisis kebutuhan kelas, administrasi, tes tulis, dan tes baca al-Qur?an. Hal yang paling menentukan adalah kemampuan calon santri dalam membaca al-Qur?an. Hal ini bisa dilihat dari pembentukan panitia penerimaan santri baru yang ada di Dayah Jabal Nur, yaitu membentuk panitia khusus atau ustadz atau ustazah yang mahir membaca al-Qur?an untuk menguji baca alQur?an calon santri. Hal ini di sebabkan karena yang paling menentukan santri tersebut lulus adalah kemampuan dalam membaca al-Qur?an dengan baik dan benar. Metode yang digunakan oleh guru pembelajaran tajwīd di kelas III Takhṣīṣ Dayah Jabal Nur sangat bervariasi yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode menghafal, metode demonstrasi, metode jibril. Metode ceramah merupakan metode yang dominan digunakan oleh guru. Kemampuan guru dalam pengajaran tajwīd di kelas III Takhṣīṣ Dayah Jabal Nur secara umum tergolong memiliki kompetensi yang baik. Sebagian besar telah mampu membuat santri aktif dan sebagian santri mampu membaca al-Qur?an secara baik dan benar.