?Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kimia Pada Konsep Hidrokarbon

Main Author: Nur Wardatul Chilmi
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-9/86953-NUR WARDATUL CHILMI -PDF.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Parungpanjang Bogor pada bulan Maret sampai bulan April 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes pilihan ganda. Analisis data postes kedua kelompok menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung sebesar 3,196 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,999, maka thitung>ttabel. Maka dapat disimpulkan menolak Ho dan Ha diterima, yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep hidrokarbon