Ta'lim al-Lughoh al\'Arobiyyah fi madrosah al-Malik as-Sholih al-'Aliyah al-Islamiyah al-Hukumiyah bi laksemawe = Pendidikan Bahasa Arab di Sekolah Tinggi Islami
Main Author: | Januar Hawani |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
FITK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-9/86952-564-1073-1-SM.pdf |
Daftar Isi:
- Salah satu mata kuliah yang wajib dipelajari oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe siswa adalah bahasa Arab. Masalah yang seringkali dihadapi dalam pengajaran bahasa Arab adalah bahwa kurikulum yang diinginkan dengan kemampuan siswa yang berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kurikulum yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab di STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, mengetahui upayaupaya sekolah untuk kemajuan dalam pengajaran bahasa Arab di STAIN Malikussaleh Lhokseumawe serta mengetahui masalah yang dihadapi oleh dosen dalam memajukan pembelajaran bahasa arab di STAIN Malikussaleh Lhokseumawe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kurikulum yang digunakan dalam mengajar bahasa Arab di STAIN Malikussaleh Lhokseumawe adalah: meteri pelajaran yang diambil dari ?Al- ?Arabiyyah Lak 1? dan ?Al-?Arabiyyah Lak 2?. Tidak semua dosen menggunakan metode dan media secara sempurna، tetapi mereka berupaya membuat proses belajar mengajar bahasa Arab semakin baik. Beberapa responden mengatakan bahwa dalam proses pembelajaran، dosen hanya menggunakan media papan tulis، buku ajar serta buku yang berkaitan dengan materi; (2) Upaya yang ditempuh untuk memajukan pembelajaran bahasa Arab di STAIN Malikussaleh Lhokseumawe adalah mewajibkan dosen untuk menggunakan metode dan media yang tepat dalam proses belajar mengajar; (3) Masalah yang dihadapi oleh dosen dalam memajukan pembelajaran bahasa Arab di STAIN Malikussaleh Lhokseumawe antara lain terkait materi ajar yang tidak cocok dengan kemampuan siswa.