Pengaruh Penggunaan Media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) terhadap Pemahaman Konsep IPS Siswa : Penelitian Kuasi Eksperimen Kelas III di SDN Bambu Apus II

Main Author: Igeul Nurul Miaga Yuseu
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-9/86951-IGEUL NURUL MIAGA YUSEU - PDF.pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) terhadap pemahaman konsep IPS Siswa kelas III SDN Bambu Apus II. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) terhadap pemahaman konsep IPS siswa kelas III di SDN Bambu Apus II. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest antara kedua kelas yaitu dengan perolehan rata-rata kelas eksperimen 80,75 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 75,88. Uji hipotesis pada data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol memperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,037. Ini menunjukkan bahwa nilai probabilitas lebih kecil daripada taraf signifikansi (0,037 < 0,05). Sehingga Ho ditolak Ha diterima. Hal tersebut juga didukung wawancara yang dilakukan setelah proses pembelajaran.