Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Melalui Penerapan Pembelajaran Simulasi Pada Peserta Didik Kelas VI MI Jamiatul Gulami Kota Tangerang
Main Author: | Lukmanul Hakim |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-8/86928-LUKMANUL HAKIM-PDF.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pada membiasakan akhlak terpuji pada kelas VI MI Jamiatul Gulami melalui penerapan pembelajaran Simulasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menerapkan metode simulasi. Metode simulasi digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Aqidah Akhlak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa nilai KKM siswa ketika pra-siklus prosentasenya: 26% yaitu 10 siswa dari 39 jumlah siswa. Setelah dilakukan penelitian siklus I menunjukan peningkatan hasil belajar 51% yaitu 20 siswa dari 39 jumlah siswa. Kemudian dilanjutkan siklus II menunjukan peningkatan hasil belajar 82% yaitu 32 siswa dari jumlah seluruh siswa. Dengan demikian pembelajaran Aqidah Akhlak melalui penerapan pembelajaran simulasi mengalami peningkatan hasil belajar di MI Jamiatul Gulami Kota Tangerang