Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)

Main Author: Diana Martiana
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan awal, kemampuan akhir, serta peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Tangerang Selatan tahum ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa untuk kelas eksperimen dan 45 siswa untuk kelas kontrol. Peningkatan dihitung menggunakan Normalized Gain. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan awal berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen dan kontrol adalah sama. Kemampuan akhir berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas kontrol. Selisih rata-rata indikator tertinggi terdapat pada indikator advanced clarification (mengklarifikasi suatu pernyataan). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.