Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan: Kuasi Eksperimen di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan

Main Author: Wildati Nuri Auli S
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-8/86908-WILDATI NURI AULI SYABANI-PDF.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis guided inquiry terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada konsep sistem pencernaan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen dan kontrol masing-masing berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir tingkat tinggi berupa tes essay yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 2,25 dan ttabel pada taraf signifikansi α =0,05 sebesar 2,00, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja siswa (LKS) berbasis guided inquiry terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada konsep sistem pencernaan.