Analisis Industri Bisnis Jasa Online Ride Sharing di Indonesia
Main Author: | Berto Mulia Wibawa |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Inovasi pada sektor transportasi dengan prinsip sharing economy telah menciptakan sektor industri jasa baru yaitu jasa online ride-sharing. Terdapat banyak operator jasa online ride-sharing di Indonesia seperti Go-Jek, Grab, dan Uber. Saat ini, munculnya peraturan pemerintah sedikit mengubah peta persaingan dalam industri jasa online ride-sharing. Oleh karena itu, analisis industri perlu untuk dianalisis lebih lanjut untuk mengetahui tingkat kemenarikan industri dari jasa online ride-sharing di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemenarikan dari jasa online-ride sharing. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-eksploratif dalam mengidentifikasi Porter?s Five Forces sebagai tools dalam analisis industri. Pengumpulan data menggunakan metode ghost interview kepada pengemudi terpilih. Kesimpulan dari penelitian ini adalah industri online-ride sharing di Indonesia cukup menarik untuk dikembangkan di masa depan karena jumlah pelanggan yang belum mencapai titik maksimal, terlebih industri ini dapat menawarkan diferensiasi produk yang sangat bervariasi.