Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN Pisangan 03

Main Author: Husnul Maab
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-8/86884-HUSNUL MA�AB-PDF.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SDN Pisangan 03. Hal ini terjadi karena metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga suasana pembelajaran sering membuat siswa jenuh dan berdampak kepada hasil belajar siswa. Berdasarkan hal itu, maka peneliti berupaya menggunakan metode pembelajaran Time Token Arends dalam kegiatan pembelajaran agar tercipta suasana belajar yang aktif, menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Time Token Arends terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Pisangan 03. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SDN Pisangan 03 Legoso bulan Januari ? Juni 2015. Teknik pengumpulan data antara lain dengan menggunakana tes (pilihan ganda) yang berjumlah 25 soal, lembar observasi dan lembar wawancara. Hasil penelitian berdasarkan pengujian dua sampel menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel (2,558 > 2,004) pada taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Time Token Arends terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Pisangan 03