Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran IPS di Kelas III dalam Pembelajaran Jual Beli Melalui Metode Role Playing pada MI Sirojul Athfal 1 Depok
Main Author: | Suhaibah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-8/86849-SUHAIBAH-PDF.pdf |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penerapan metode role playing atau bermain peran di kelas III MI Sirojul Athfal 1 Depok. Meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep jual beli dengan penerapan metode role playing atau bermain peran di kelas III MI Sirojul Athfal 1 Depok. Penelitian ini dilaksanakan di MI Sirojul Athfal 1 Depok dengan mengambil sempel kelas III, agar permasalahan-permasalahan di kelas benarbenar teratasi maka guru melakukan tindakan supaya lebih tahu perkembangan siswa. Instrument hasil belajar berupa test berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal siklus I dan 20 butir soaal siklus II yang telah diuji validitas dan rehabilitasinya. Tindakan dilakukan dengan dua siklus, pada siklus pertama siswa belum terlihat kemajuannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa setelah tindakan siklus pertama yaitu rata-rata nilai N-Gain 0,34 dan hal itu diperlukan tindakan selanjutnya yaitu tindakan siklus II. Dalam siklus ini sudah mulai membaik dengan terlihatnya perkembangan dan peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dibuktikan dengan rata-rata N-Gain 0,62