Pengaruh Metode Bermain Peran dan Konsep Diri Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan
Main Author: | Wahyu Utama |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Pusat Penelitian Bidang Bahasa Dan Seni Universitas Indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu menggunakan post-test only control group design. Variabel dalam penelitian ini yaitu: penerapan metode bermain peran sebagai variabel bebas, kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris sebagai variabel terikat, dan konsep diri siswa sebagai variabel moderator yang dibedakan menjadi konsep diri positif dan konsep diri negatif. Dengan demikian, desain analisis adalah factorial 2 x 2 karena setiap faktor dalam penelitian ini menggunakan 2 kategori. Hasil dari analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan, atau dengan kata lain, terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Inggris yang diberi menggunakan metode bermain peran mikro dengan yang menggunakan metode bermain peran makro. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Fo = 6,584 dan Sig. = 0,012 < 0,05, sedangkan pada konsep diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan. Atau dengan kata lain, terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Inggris yang memiliki konsep diri tinggi dengan yang memiliki konsep diri rendah. Dan dalam analisis ini tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Jakarta Selatan.