Materi pengembangan Bahasa Indonesia tentang kesadaran fonemik pada anak usia dini 4-5 tahun
Main Author: | Sumarti |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Pusat Penelitian Bidang Bahasa Dan Seni Universitas Indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan materi pengembangan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini (4-5 tahun) dari segi wujud dan isi yang dapat menstimulasi keterampilan berbahasa anak di Kelompok A PAUD BANA Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan dari kualitatif dan kuantitatif yaitu penelitian dan pengembangan Jolly dan Bolitho. Langkah yang dilakukan adalah: 1) penelitian awal yang berupa wawancara tentang kebutuhan materi ajar dan studi literatur tentang materi yang sesuai dengan kebutuhan anak usia dini, 2) perencanaan pengembangan model, 3) validasi, revisi dan evaluasi model dan 4) implementasi model. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) kebutuhan materi pengembangan bahasa Indonesia yang sesuai adalah tentang kesadaran fonemik yang diwujudkan dalam Alat Permainan Edukatif (APE) yang terintegrasi dengan data bahasa yaitu bunyi, huruf, kata dan kalimat untuk anak dan cara penggunaannya dipandu oleh guru, 2) materi pengembangan yang ada saat ini belum memenuhi kebutuhan anak dari segi wujud dan isi, masih bisa dikembangkan karena ada salah satu wujud materi yang sesuai yaitu huruf raba, 3) pengembangan materi berupa APE dan buku panduan guru, 4) dari uji pakar dan teman sejawat didapatkan masukan tentang bentuk APE berupa buku dan kartu dan dari pakar bahasa Indonesia didapatkan materi bunyi bahasa Indonesia yang terdapat di poster disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia baku, 5) dari persepsi pengguna menyatakan materi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini dan 6) materi dianggap efektif karena hasil rata-rata pengguna 2,53 dari rentang nilai 4. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa materi pengembangan bahasa Indonesia tentang kesadaran fonemik (phonemic awareness) anak usia dini (4-5 tahun) di PAUD BANA sesuai dengan kebutuhan anak, menstimulasi semua keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, persiapan menulis dan persiapan membaca) dan dapat digunakan secara efektif.