The Effectiveness of Pictures towards Students' Writing Skill of Descriptive Text: A Quasiexperimental Sludy at Tenth Grade of SMK Islamiyah Ciputat

Main Author: Umul Muffarokhati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-8/86791-UMUL MUFFAROKHATI-PDF.pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris tentang keefektifan atau tidaknya penggunaan gambar dalam mengajar teks deskriptif di kelas X SMK Islamiyah Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Adapun sample dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMK Islamiyah Ciputat, kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 23 siswa. Untuk teknik pengambilan sample, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan analytic writing rubric digunakan untuk memberikan penilaian (skor) pada hasil tulisan siswa dalam pretest maupun posttest. Rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih tingggi (74.2) daripada SkOT kelas kontrol (69). Hasil peThitungan hipotesis statistik dengan menggunakan independent sample t test dari nilai posttest menunjukkan bahwa (a = 0.05), I hilling adalah 2.409 sedangkan I label adalah 2.015 atau t hilling> t label. Pengujian hipotesis dapat juga dibuktikan dari nilai signifikansi (2-tailed)llevel signifikansi yang menunjukkan 44. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gambar dalam mengajarkan menulis teks deskriptif di kelas X SMK Islamiyah Ciputat adalah efekti