The Effectiveness of Bingo Game on Students? Simple Past Tense of Irregular Verbs Mastery: A Quasi-Experimental Study at the Second Grade Students of MTs Mathlaul Huda Parung Panjang
Main Author: | Aminah Siti Rohanah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-8/86780-AMINAH SITI ROHANAH-PDF.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Bingo game efektif dalam meningkatkan penguasaan bentuk lampau dari kata kerja tidak beraturan para siswa kelas dua MTs Mathla?ul Huda. Teknik ini ditujukan kepada guru Bahasa Inggris untuk membuat teknik alternatif dalam mengajar simple past tense of irregular verbs. Populasi dari penelitian ini sebanyak 84 siswa, 42 siswa berasal dari kelas VIII A (kelas eksperimen) dan 42 siswa berasal dari kelas VIII B (kelas kontrol. Karena sekolah tersebut hanya memiliki 2 kelas untuk kelas dua, seluruh populasi dalam penelitian juga menjadi peserta penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen. Peneliti menggunakan tes sebagai alat untuk mengumpulkan data, yaitu pre-tes dan post-tes. Masing-masing tes tersebut terdiri dari 25 pertanyaan pilihan ganda. Kemudian, peneliti menggunakan t-test untuk menguji hipotesis statistik. Hasil dari perhitungan tes hipotesis menunjukkan bahwa t-test (t0) lebih besar dibandingkan dengan t-table (tt) atau (4.17 > 1.66). Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan murid tentang irregular verbs dengan menggunakan Bingo game dan tanpa menggunakan Bingo game. Kesimpulannya, Bingo game efektif dalam meningkatkan penguasaan bentuk lampau dari kata kerja tidak beraturan para siswa kelas dua MTs Mathla?ul Huda tahun ajaran 2015/2016.