The Effectiveness of Using Videos Towards Students? Writing Skill of Narrative Text.: A Quasi-experimental Study at the Tenth Grade of SMKN 2 Tangerang Selatan
Main Author: | Syifa Fauziah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-8/86687-SYIFA FAUZIAH-PDF.pdf |
Daftar Isi:
- Writing merupakan satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa SMA untuk memenuhi kebutuhan akademik mereka. Dalam penguasaan writing dibutuhkan cara yang cocok dalam mengajarkan. Itu kenapa penelitian ini dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk mengetahui kenyataan yang empiris tentang keefektifan video terhadap kemampuan menulis siswa dalam teks narative pada siswa kelas 1 SMKN 2 Tangerang Selatan. Sesuai dengan tujuan di atas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: ? Apakah video efektif dalam menulis teks narative??. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis menggunakan metode kuantitatif. Penulis menggunakan cluster random sampling dalam memilih sampel. Sampel terdiri dari 50 siswa dan dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Data ini didapatkan dari hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan siswa dalam menulis teks narative setelah menggunakan video. Ini terlihat bahwa t0 adalah1.82 dengandegree of freedom (df)48.Ini bisa terlihat bahwa df and the degree 0.05 = 1.677. dengan membandingkan nilai t0 =1.82 and t-table taraf signifikan 1.677, penulis menyimpulkan bahwa t0 is diterima dan hipotesis null(H0) ditolak. Kemudian, hipotesis alternatif diterima, itu berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa menulis teks narrative menggunakan video dan yang tidak menggunakan video