Strategi Komunikasi Marketing Public Relations di Radio 95.5 RAS FM Jakarta dalam Menarik Minat Pemasang Iklan
Main Author: | Humaira |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-7/86321-Humaira-fdk.pdf |
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia media saat ini terus melesat. Sebuah perusahaan radio harus membangun strategi dan arah kebijakannya agar dapat memenangkan persaingan. Dengan persaingan bisnis di dunia media yang semakin kompleks, Perpaduan konsep antara marketing dan public relations dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan kompleks yang dihadapi sebuah radio seperti dalam mencari klien agar mau mengiklankan produknya. Radio 95.5 RAS FM Jakarta memiliki bagian marketing yang juga bertugas sebagai public relations. Selain itu, Radio 95.5 RAS FM merupakan salah satu radio di Jakarta yang mengemas secara khusus keselarasan antara program dakwah, informasi dan hiburan. RAS FM tidak pernah sepi dari iklan, namun memang iklan yang masuk tidak terlalu banyak. Meski begitu, RAS FM bisa tetap eksis hingga saat ini. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi komunikasi marketing public relations di Radio 95.5 RAS FM Jakarta dalam menarik minat pemasang iklan? Apa faktor penghambat dan pendukung strategi komunikasi marketing public relations yang digunakan Radio 95.5 RAS FM Jakarta dalam menarik minat pemasang iklan? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif yang bertujuan menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Adapun informan yang diwawancarai adalah manager marketing RAS FM, staff marketing RAS FM, dan manager FGA & HRD RAS FM. Strategi yang digunakan marketing public relations RAS FM dalam menarik minat pemasang iklan adalah strategi menerapkan kebijakan radio, memilih ide dan fakta, mengemas pola skrip, pembentukan realitas subjektif, mengemas realitas simbolik, penetapan realitas objektif. Adapun faktor pendukungnya adalah usia radio RAS FM yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu sehingga sudah dikenal masyarakat luas, target pendengar yang jelas yakni keluarga muslim sehingga lebih fokus untuk membuat program acara yang sesuai, dan memiliki posisinya sendiri dimata masyarakat yakni sebagai radio muslim sehingga itu menjadi nilai jual tersendiri. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain persaingan bisnis dengan radio lain, RAS FM bukan radio network, alat pemancar yang kurang baik, konten siaran yang kurang bersesuaian dengan keinginan pemasang iklan, dan adanya persaingan dengan media online.