Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (Study komparasi antara Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013)
Main Author: | Adlan Syibawaih |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-5/85656-ADLAN SYIBAWAIH-PPS.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berusaha menganalisa tentang perbandingan kurikulum bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah antara kurikulum KTSP dan kurikulum 2013, khususnya pada tujuan, materi dan metodenya. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan kurikulum bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah antara kurikulum KTSP dan kurikulum 2013 dari segi tujuan, materi dan metode. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dari buku-buku materi pelajaran bahasa Arab dan sumber lainnya. Hasil penilitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab khusunya dari segi tujuan, materi dan metode pembelajaran. Akan tetapi, perbedaan tersebut hanya sedikit dikarenakan perubahan kurikulum bahasa Arab tidak terlalu banyak merubah pada tujuan, materi dan metode pembelajaran.