Pengaruh Self-Efficacy, Sikap Kreatif, Kecerdasan Emosi, Dan Self-Regulated Learning Terhadap Prestasi Akademik Peserta Didik

Main Author: Riska Amelia
Format: Masters
Terbitan: Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-5/85623-RISKA AMELIA-PPS.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Subjek penelitian berjumlah 254 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini untuk mengukur self-efficacy menggunakan General Self-Efficacy, sikap kreatif menggunakan skala sikap kreatif berdasarkan teori Williams, 1979, kecerdasan emosi menggunakan TEIQue-SF, self-regulated learning menggunakan motivated strategies for learning questionnaire (MSLQ), dan prestasi akademik menggunakan nilai asli pada ujian akhir semester. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh bersama yang signifikan terdapat pengaruh bersama yang signifikan dari variabel self-efficacy, sikap kreatif, emotionality, global trait, self-control, sociability, well-being, cognitive strategy use, intrinsic value, dan selfregulation, terhadap prestasi akademik peserta didik sebesar 61.7%. Sedangkan sisanya sebesar 38.3 % dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini.