Konstruksi Pemberitaan Media Online Indonesia Terhadap Isis (Analisis Framing Kompas.Com, Okezone.Com, Tempo.Co, Dan Republika.Co.Id)
Main Author: | Musyaffa |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-5/85620-MUSYAFFA-PPS.pdf |
Daftar Isi:
- Kompas.com, Okezone.com, Tempo.co, dan Republika.co.id bergantung pada bingkai realita. Kesemuanya seperti itu dikarenakan media mempunyai ideologi yang akan memengaruhi bentuk pemberitaan ISIS di Indonesia. Semua media mempunyai kreativitas, berdasarkan wartawan yang merangkai berita dari isu yang dianggap penting. Sehingga, berita akan unggul dan punya daya pengaruh yang tinggi dari keempat media tersebut pada aspek yang penting. Kita telah mengetahui bahwa setiap media adalah berbeda. Seperti halnya isu tentang ISIS, sebagaimana pernyataan penelitian ini bahwa ada atau tidak adanya ISIS adalah hasil konstruksi media. Berawal dari latar belakang tersebut, menimbulkan pertanyaan. Pertama, bagaimana keempat berita online mengkonstruksi berita tentang ISIS berdasarkan analisis framing Robert M. Entman (Pertanyaan mayor). Adapun pertanyaan minornya; bagaimana keempat media dalam mendefinisikan masalah ISIS? Bagaimana keempat media dalam mendiagnosa masalah ISIS? Bagaimana keempat media dalam membuat keputusan moral? Bagaimana keempat media dalam menekankan penyelesaian masalah ISIS? Kedua, bagaimana perbedaan keempat media online Indonesia dalam membingkai berita ISIS? (Pertanyaan mayor). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konstruksi media online tentang ISIS, untuk mengetahui pendefinisian masalah, diagnosa masalah, membuat keputusan moral, menekankan penyelesaian masalah ISIS di media online, dan untuk mengetahui perbedaan pembingkaian ISIS oleh keempat media tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis framing Robert M. Entman. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat kategori utama, yakni; ISIS: Gerakan Teroris, Upaya berbagai Pihak Atasi ISIS, ISIS: Media dan Propaganda, serta ISIS dan Esksistensinya di Indonesia. Serta diperoleh pula bahwa seluruh berita pada masing-masing media online tersebut cenderung membicarakan tentang upaya berbagai pihak atasi ISIS, kecuali Tempo.co. Adapun kesimpulan tersebut juga mengindikasikan, bahwa keempat media akan menjadi media literacy untuk mendidik pengunjung atau pembacanya di Indonesia.