The Moral Values On English Textbook (A Content Analysis of English Textbooks for Junior High School Students Published by the Ministry of Education and Culture)
Main Author: | Helendra |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-4/85502-HELENDRA-PPS.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menjelaskan nilai-nilai moral yang terdapat di dalam buku pelajaran siswa SMP/MTs kelas 7, 8 dan 9 yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Fokus penelitian ini mengungkapkan nilai-nilai moral berdasarkan model Borba yang terdapat di dalam buku tersebut, menunjukkan bagaimana nilai-nilai moral itu dipresentasikan dan menjelaskan persepsi guru dan siswa terhadap integrasi nilai-nilai moral di buku pelajaran tersebut serta implementasinya dalam proses pengajaran. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi untuk mengungkapkan nilainilai moral yang terdapat dalam buku pelajaran tersebut. Sampel penelitian adalah 22 siswa/i dan 3 guru kelas 7, 8, dan 9 di MTsN 1 Pandeglang, Banten. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Frekuensi nilai moral Borba pada buku teks ditemukan persentase tertinggi adalah kontrol diri mencapai skor (25%), kedua adalah kebaikan (22%), ketiga rasa hormat (20%), hati nurani (16%), empati (11%), dan nilai moral yang terkecil adalah toleransi (4%) dan keadilan (2%); 2) nilai-nilai moral secara inheren disajikan di dalam buku pelajaran dengan berbagai macam cara, seperti: judul bab, tujuan bab, kutipan-kutipan, kalimatkalimat, gambar-gambar, lagu-lagu, instruksi latihan, contoh-contoh kalimat; 3) semua guru sepakat bahwa nilai-nilai moral sudah ada di buku pelajaran dan mereka mencoba mengintegrasikan nilai-nilai moral tersebut di dalam proses pengajaran, seperti: bermain peran, diskusi kelompok, pembelajaran aktif dan pembelajaran kolaboratif; 4) semua siswa/i mengetahui bahwa didalam buku yang mereka pelajari terdapat nilai-nilai moral dan mereka mampu memahami semua penjelasan-penjelasan guru tentang nilai-nilai moral dan sudah mempraktikkan nilai-nilai moral tersebut di dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menyimpulkan bahwa buku-buku pelajaran sudah memuat semua model nilai-nilai moral Borba, dan semua guru dan siswa menyambut positif pengitegrasian nilainilai moral dalam proses pengajaran. Namun, karena penyajian nilai-nilai moral yang tidak seimbang dalam buku pelajaran tersebut, harus tetap ada beberapa revisi sehingga nilainilai moral nanti dipresentasikan lebih merata.