Persepsi Kelas Menengah Muslim terhadap Dual Banking System dalam Membentuk Kekuatan Merek Perbankan Syariah

Main Author: Lindiawatie
Format: Journal
Terbitan: LPPM Universitas Indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kelas menengah Muslim Indonesia terhadap dual banking system dalam membentuk kekuatan merek perbankan syariah di Indonesia. Metode pengambilan data melalui kuesioner yang disebarkan pada 320 responden yang berlangsung pada Februari sampai dengan Juli 2016.Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh persepsi kelas menengah Muslim terhadap dual banking system dalam membentuk kekuatan merek perbankan syariah sebesar 19 %, dengan korelasi tergolong positif dan sedang (0,436). Kekuatan merek dari Islamic Bank (IB) ?lebih dari sekedar bank? akan meningkat sebesar 0,49 % apabila persepsi kelas menengah Muslim terhadap dual banking system naik sebesar 1 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi kelas menengah Muslim Indonesia terhadap dual banking system dalam membentuk kekuatan merek perbankan syariah dikategorikan moderat atau sedang artinya pandangan kelas menengah muslim terhadap bank syariah yang tergabung dengan bank induk konvensional tidak menjadi persoalan bagi mereka.