Pengaruh Motivasi Belajar dan persepsi Siswa atas Kemampuan Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Main Author: | Heru Sriyono |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
LPPM Universitas Indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetauhi 1) Pengaruh motivasi belajar dan prestasi atas kemampuan pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa 3) Pengaruh persepsi atas kemampuan pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa. Metode survey dengan teknik analisis data statistik inferensial korelasi sederhana dan korelasi ganda, serta regresi sederhana dan regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Swasta Nurussaadah, MA Swasta Al-Khairiyah, dan MA Swasta Nurul Amanah 80 Jakarta Selatan. Sampel berjumlah 80 siswa kelas XI diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menyimpulkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan persepsi atas kemampuan pedagogok guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pendididkan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa Madrasah Aliyah Swasta di Jakarta Selatan; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa Madrasah Aliyah Swasta di Jakarta Selatan. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kemampuan pedagogik guru dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, siswa Madrasah Aliyah Swasta di Jakarta Selatan.