Indikator Pembangunan Pendidikan Untuk Masyarakat Berkelanjutan Dengan Pendidikan Berkarakter di Indonesia

Main Author: Bakti Toni Endaryono
Format: Journal
Terbitan: Sekretariat LPPM UNINDRA
Subjects:
Daftar Isi:
  • Kesadaran lingkungan yang lebih besar dan meningkatnya partisipasi masyarakat serta mendapatkan hasil yang positif secara social, Karena sampai saat ini banyak masyarakat khususnya di daerah pedesaan masih sulit untuk mengakses pendidikan dengan berbagai macam persoalah seperti ketidak mampuan untuk biaya pendidikan, akses tempat pendidikan yang jauh dan yang paling penting adalah factor ekonomi. Untuk itu dengan adanya peraturan menteri yang baru nomor 75 tahun 2016 tentang komite sekolah. Diharapkan para penyelenggara pendidikan bisa menjadikan aturan tersebut memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan sebagai dasar untuk mengukur bagaimana agar pendidikan bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat serta dapat dijadikan indicator kemajuan sekolah, Kemajuan di bidang pendidikan juga terkait dengan pencapaian tingkat capaian pendidikan yang lebih tinggi secara langsung atau tidak langsung terkait dengan hasil ? hasil individu seperti menjadi sarjana, memiliki prilaku yang lebih sehat dan baik, memiliki mata pencaharian yang lebih baik, meningkatkan partisipasi masyarakat yang positif sehingga pertumbuhan ekonomi meningkat Dengan memiliki indicator yang tepat guna membangun pendidikan masyarakat yang berkelanjutan dengan tepat maka akan dihasilkannya pembelajaran dan kesejahteraan masyarakat sejak dini memiliki kualitas dan pendidikan anak mulai dari PAUD sampai memasuki pendidikan dasar (SD), serta meningkatkan jumlah remaja yang memiliki keahliah, keterampilan .