Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dipadu metode student team achievement division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Parung tahun ajaran 2014/2015 pada konsep perubahan lingkungan dan daur ulang limbah
Main Author: | Mutia Ulfah |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Center for Science Education
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penguasaan konsep IPA yang masih rendah di sekolah-sekolah merupakan pekerjaan bersama dari praktisi pendidikan IPA. Pembelajaran IPA seharusnya dilakukan berdasarkan hakikat IPA itu sendiri yakni proses penyelidikan terhadap alam sekitar secara sistematis, namun hal ini belum banyak dilakukan oleh sekolah karena pembelajaran sebagian besar masih berupa transfer langsung dari guru pada siswa. Pembelajaran ADI (Argument Driven Inquiry) dipandang dapat memfasilitasi siswa untuk memahami konsep IPA secara baik. Penelitian mengenai implementasi ADI (Argument Driven Inquiry) dalam meningkatkan penguasaan konsep dilakukan pada siswa SMP kelas VII di salah satu SMP Negeri di kabupaten Garut terhadap 66 siswa yang dibagi ke dalam dua kelas yakni kelas eksperimen yang menerapkan ADI (Argument Driven Inquiry) dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran inquiry terbimbing. Hasil penelitian menunjukan Penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry secara signifikan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dibandingkan pembelajaran dengan inquiry terbimbing. Aspek kognitif yang paling meningkat adalah aspek C2 (memahami) baik di kelas yang menggunakan pembelajaran Argument Driven Inquiry maupun di kelas yang menggunakan pembelajaran Inquiry terbimbing dan penguasaan konsep yang paling meningkat adalah pada materi konveksi baik di kelas yang menggunakan pembelajaran Argument Driven Inquiry maupun di kelas yang menggunakan pembelajaran Inquiry terbimbing.