Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dipadu metode student team achievement division (stad) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas x ipa 4 sma negeri 1 parung tahun ajaran 2014/2015 pada konsep perubahan lingkungan dan daur ulang limbah

Main Author: Mutia Ulfah
Format: Journal
Terbitan: Center for Science Education
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada konsep perubahan lingkungan dan daur ulang limbah melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan metode Student Team Achievement Division (STAD). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran kelompok pada siklus I sebesar 39,3% (rendah). Pada siklus II aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran kelompok sebesar 67,5% (tinggi). Terjadi peningkatan aspek aktivitas kelompok, kinerja individu, dan hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan perbaikan pada tindakan proses pembelajaran yaitu pada kedalaman dan keluasan dalam menyampaikan prior knowledge, pengontrolan aktivitas peserta didik dalam belajar kelompok, pengaturan alokasi waktu agar semua tahapan pembelajaran dapat terlaksana dan pemberian reward untuk memotivasi peserta didik.