Pengaruh metode praktikum berbasis PBL terhadap kemampuan argumentasi tertulis siswa pada materi interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya

Main Author: Enda Amelia Tarigan
Format: Journal
Terbitan: Center for Science Education
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh implementasi metode praktikum berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA Terpadu untuk meningkatkan kemampuan argumentasi tertulis sains siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 61 orang siswa kelas VII dari salah satu SMPN di Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes esai argumentasi tertulis terhadap implementasi metode berbasis PBL. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas, uji NGain, dan uji t? yang diuji menggunakan IBM SPSS 22 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig 2-Tailed Uji t? sebesar 0,034 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil ini diperoleh dari data peningkatan argumentasi tertulis untuk siswa yang menggunakan metode praktikum berbasis PBL sebesar 0,19 dengan kategori rendah dan siswa yang menggunakan metode praktikum verifikasi sebesar 0,37 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi metode praktikum berbasis PBL pada pembelajaran IPA Terpadu untuk meningkatkan kemampuan argumentasi tertulis siswa.