Pengaruh pembelajaran model advance organizer terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep protista

Main Author: Nuri Shabania
Format: Journal
Terbitan: Center for Science Education
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model advance organizer terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep protista. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata posttest kedua kelompok diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,087, sedangkan t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (df) = 78 sebesar 1,67, maka dapat dikatakan bahwa thitung > t-tabel yang berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model advance organizer terhadap hasil belajar biologi siswa