Pengaruh Model Pembelajaran Koopratif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika di Tinjau Dari Kecerdasan Emosional
Main Author: | Maya Nurfitriyani |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika. 2) pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. 3) interaksi antara model pembelajaran koopratif tipe jigsaw dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Uji statistik yang dilakukan yaitu ANAVA Dua Arah. Sampel yang diambil pada penelitian ini sejumlah 60 orang dengan teknik sampling yaitu random tecnique sampling. Hasil penelitian ini yaitu: 1) terdapat pengaruh metode Pembelajaran terhadap hasil belajar matematika pada taraf kekeliruan 5% dengan nilai signifikan 0,023. 2) tidak terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada taraf kekeliruan 5% dengan nilai signifikan 0,123. 3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada tarf kekeliruan 5% dengan nilai signifikan 0,286.