Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Koopratif
Main Author: | Ayi Ahmad Maulana Yusup |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran koopratif pada siswa kelas VII SMP Swasta di Tanggerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dimana variabel bebasnya adlah metode pembelajaran koopratif dan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Sampel yang digunakan diperoleh dengan teknik random sampling.Uji persyaratan data yang dilakukan menggunakan rumus sebagai berikut: uji normalitas menggunakan chi-kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Pengajuan hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar matematika khususnya pada pokok bahasan bangun datar pada siswa kelas VII SMP Swasta di Tanggerang Selatan.