Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Main Author: Leonard
Format: Journal
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan memperoleh gambaran tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matemats siswa. Metode penelitian yang dugunakan yaiti metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling dengan jumlah 60 orang terdiri dari 30 kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan jigsaw dan 30 kelas kontrol yang diajarkan menggunakan Think Pair Share (TPS). Instrumen untuk pengambilan data berupa tes uraian. Uji normalitas data menggunakan chi-kuadrat dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pengujiannya hipotetis menggunakan uji-t menunjukan t=2,286 > t=2,002 dengan a=0,05 yang menyatakan bahwa H0 titolak, sehingga dapat simbulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan Think Pair Share (TPS). Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik.