Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistic Mathemattic Education (RME) Untuk Memfasilitasi Kemamouan Reprentasi Matematis Siswa SMP

Main Author: Ranti Mustika Sari
Format: Journal
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education yang valid dan praktis serta dapat memfasilitasi kemampuan representasi matewmatis siswa pada materi Sistem Peramaan Linier Dua Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Desaign, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMP Negri 2 Pasir Penyu. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas VIII 1 dan objek penelitian adalah LKS matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan tes kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil uji validasi LKS berbasis Realistic Mathematic Education pada materi sistem persamaan Linier Dua Variabel di SMP Negeri 2 Pasir Penyu dengan kategori valid presentase 78,21%. Maka hal ini membuktikan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan valid oleh para validator karena telah memenuhi seluruh komponen dan telah mengalami revisi produk. Hasil uji praktikalitas oleh siswa dinyatakan sangat praktis dengan presentase 94,16%. LKS matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education telah berhasil memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa dengan presentase tingkat penguasaan siswa 82,5%. Hasil tersebut menunjukan bahwa LKS matematika berbasis pendekatan Realistic Mathematic Educationini valid, sangat praktis, dan dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa.