Upaya Mengatasi Mikonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Saraf Melalui Penggunaan Peta Konsep
Main Author: | Juhji |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada meteri sistem saraf melalui penggunaan peta konsep. Metode yang diggunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 9B SMPN 2 Legok kabupaten Tanggerang yang berjumlah 34 siswa. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2012. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan peta konsep dalam pembelajaran materi sistem saraf dapat mengatasi masalah miskonsepsi pada siswa yang dapat ditunjukan dari adanya pengurangan miskonsepsi pada siklus I sebesar 36,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 40,6%.