Kearifan budaya lokal Madura sebagai media persuasif (analisis semiotika komunikasi Roland Barthes dalam iklan samsung galaxy versi gading dan giselle di Pulau Madura)
Main Author: | Sri Wahyuningsih |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kearifan budaya lokal Madura dengan menggunakan analisis semiotika komunikasi Roland Barthes dalam iklan Samsung Galaxi versi selebritis Indonesia Gading dan Giselle, di Pulau Madura. Penelitian ini berusaha membuka makna dari tanda-tanda yang digunakan sekaligus menyingkapkan pesan yang secara tersembunyi terkandung di dalam iklan ini. Untuk itu penulis melakukan penelitian kualitataif dengan fokus pada adegan-adegan yang menggambarkan kearifan lokal budaya Madura, untuk kemudian menyeleksi adegan-adegan dalam iklan yang merepresentasikan kearifan budaya lokal Madura. Kearifan lokal budaya Madura memiliki daya persuasif tersendiri. Pilihan tema budaya Madura oleh produser iklan ini sangat menarik dan mempunyai karakter tersendiri terutama tentang karapan sapi, pakaian adat Madura, serta bahasa maupun logat Madura. Pulau Madura yang berada di wilayah pulau Jawa Timur dikenal sebagai pulau garam, dan eksotik, sehingga dikenal secara nasional maupun internasional. Adapun hasil dari analisis iklan hand phone di atas ditemukan beberapa konotasi sebagai berikut: (1) adanya bentuk syukur masyarakat Madura dalam lensa, dan (2) karapan sapi, pakaian adat Madura, Bahasa Madura merupakan kearifan lokal budaya Madura.