Teachers and Students Nonverbal Communication in Efl Classroom (A Case Study at the Ninth Grade Students of Modern Pesantren of Daarul Uluum Lido, Bogor)
Main Author: | Cucum Komariah |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang komunikasi nonverbal di dalam kelas EFL (Bahasa Ingris sebagai bahasa asing). Selain itu juga bermaksud untuk mngetahui cara guru dan siswa mengirimkan komunikasi nonverbal yang berbeda antara ke siswa laki laki dan siswa perempuan. Selanjutnya penelitian ini juga bermaksud untuk mengetauhi alasan yang dimiliki guru dan siswa mengenai pemilihan komunikasi nonverbal di dalam kelas EFL. Peneleitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rangangan study kasus. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas sembilan MTs yang melibatkan satu guru bahasa inggris wanita. Data yang ada diperoleh dari observasi dan wawancara selama delapan minggu penelitian. Dari observasi diperoleh data bahwa guru di dalam EFL kelas menngunakan kontak mata, ekspesi wajah, isyarat tangan, paralanguage, dan sentuhan . Sedangkan siswa sendiri menggunakan kontak mata, isyarat tangan, dan paralanguage di dalam kelas EFL. Namun guru dan siswa mendapatkan keterbatasan penggunaan komunikasi nonverbal jika mereka berinteraksi dengan lawan jenis. Terakhir, dari hasil wawancara didapatkan bhwa guru dan siswa MTs jelas sembilan memiliki persepsi positif terhadap penggunaan komunikasi nonverbal di dalam kelas EFL. Oleh karena itu direkomendasikan agar di dalam kelas EFL guru dan siswa menggunakan nkomunikasi nonverbal untuk mencapai process belajar mengajar yang effektif.