Pengaruh Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) Berbantu Media Animasi Flash Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa (Kuasi Eksperimen di Kelas XI IPA SMA Darul Maarif Jakarta Selatan)

Main Author: Maulia Setiana
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-2/84557-MAULIA SETIANA - FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran langsung (direct intruction) berbantu media animasi flash terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Darul Ma?arif, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent (pre-test and post-test) control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, berupa tes pilihan ganda dan lembar observasi. Hasil analisis data kedua kelompok menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung 3,57 dan ttabel pada taraf signifikan α=0,05 sebesar 2,00 maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran langsung (direct intruction) berbantu media animasi flash terhadap hasil belajar biologi siswa.