Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Fungi (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMAN 29 Jakarta)
Main Author: | Rahmatun Nazilah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah; Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-1/84231-RAHMATUN NAZILAH-FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep fungi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 29 Jakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan metode kuasi eksperimen yang menggunakan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen (kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing) dan 36 siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol (kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional). Instrumen penelitian berupa soal uraian sebanyak 10 soal serta lembar observasi untuk guru dan siswa. Analisis data menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 2,70 dan ttabel pada α = 0,05 sebesar 1,66. Hal ini menunjukan bahwa thitung > ttabel, sehingga hipotesis nol ditolak. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep fungi.