Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Tahun Pelajaran 2015/2016
Main Author: | Abdur Rahim |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2018-1/84181-ABDUR RAHIM - FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di MI Nurul Iman Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Langkah-langkah pembelajaran diawali dari kegiatan pembuka, kegiatan inti (kegiatan presentasi kelas, kegiatan kelompok, games dan turnamen, menghitung skor dan rekognisi tim), dan kegiatan penutup. Pada tahap game dan turnamen menggunakan aplikasi web Socrative. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, rata-rata hasil posttest sebesar 73, tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 70% dan observasi aktivitas siswa pada langkah-langkah pembelajaran sebesar 75%. Sedangkan pada siklus II, rata-rata hasil posttest sebesar 74, tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai sebesar 80% dan observasi aktivitas siswa pada langkahlangkah pembelajaran sebesar 91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Nurul Iman Bekasi.