Pengaruh Penggunaan Metode Driil dalam Pembelajaran kalam Terhadap siswa Mts Kelas VIII(Kuasi Eksperimen di MTs Al- Hamiidiyah Sawangan Depok)
Main Author: | Aden Wijaya |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Dalam Proses Penelitian terdapat macam-macam masalah dalam pembelajaran dikarenakan, tidak ada kesungguhan siswa dalam pembelajaran disebabkan karena siswa tidak memahami terhadap keterampilan kalam, lemahnya kemampuan siswa dalam mengaplikasikan kalam dalam kehidupan sehari-hari dan kurang pahamnya siswa terhadap makna dari sebuah kosa kata dalam suatu kalam, begitu juga tidak sesuainya tujuan dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran dan sulitnya siswa mengucapkan beberapa makhraj dari huruf-huruf hijaiyah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk memberikan kejelasan tentang aplikasi penggunaan metode driil dalam pembelajaran kalam, mengetahui kemampuan siswa terhadap keterampilan kalam dan mengetahui hasil dari pada proses aplikasi metode tersebut pada siswa. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan dua metode yaitu metode kualitatif untuk menjelaskan proes aplikasi metode driil dalam pembelajaran kalam dan metode kuantitatif untuk menjelaskan hasil daripada proses test dan derajat pengaruh metode terhadap hasil belajar siswa Hasil daripada penelitian tersebut menunjukan minat siswa 52,17% mencapai derajat sempurna, 39,13% minat mereka sangat baik dan 8,9% minat mereka baik. Adapun derajat pengaruh daripada penggunaan metode driil ini mencapai 87,91 melebihi kelas control yaitu 78,17% Dengan demikian bahwa penggunaan metode driil pada pembelajaran kalam sangat berpengaruh kuat pada siswa di MTs Al-Hamidiyah sawangan Depok.