Peningkatan prestasi belajar PAI melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa kelas X SMAN 90 Jakarta

Main Author: Dewi Puspasari
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-12/83846-DEWI PUSPASARI-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SMAN 90 Jakarta kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 90 Jakarta. Dengan subyek penelitian siswa kelas X MIA-3 sebanyak 33 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SMAN 90 Jakarta kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan sebagai upaya mengatasi permasalahan yang muncul dalam kelas yakni rendahnya prestasi belajar siswa, kurang aktifnya siswa, kurang keterkaitan antara materi pelajaran dan khidupan sehari-hari. Penelitian dilaksanakan dalam empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini sebanyak empat kali pertemuan yang terbagi kedalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan nilai rata-rata pada siklus I = 77,58 dengan rata-rata ketuntasan mencapai 66,67% dan setelah post test siklus II nilai ratarata prestasi belajar PAI siswa mencapai 81,82 dengan 90, 91% siswa yang mencapai KKM.