Tafsir Surat Al-Kahfi Ayat 65-82 (kajian tentang proses pembelajaran)
Main Author: | Ahmad Kamal |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-12/83775-AHMAD KAMAL-FITK.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memfokuskan pada tema tentang Proses Pembelajaran menurut Surat Al-Kahfi ayat 65-82, yang berupaya untuk mengingatkan kembali salah satu panduan yang tertera didalam al-Qur?an. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun seumber data primer adalah kitab-kitab tafsir yang berkaitan dengan ayat tersebut, sedangkan data sekunder dari buku-buku tentang kependidikan baik umum maupun khusus. Dan data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode tafsir tahlili. Dalam proses pembelajaran, terdapat komponen-komponen pembelajaran, diantaranya yang paling utama dan memiliki karakteristik serta fungsinya adalah : pendidik dengan fungsi mengajar dan pelajar dengan fungsi belajar. Disamping itu pola hubungan guru-murid dalam surat al-Kahfi adalah pola hubungan yang dilandasi rasa saling hormat, sabar dalam menuntut ilmu, nilai kesopanan dan kesantunan serta kesungguhan dalam mendapatkan ilmu. Dalam hal itu, penulis melihat permasalahan pendidikan yang paling mendasar masih berkisar pada area pembelajaran dan prosesnya. Seperti kurang siapnya guru dalam menghadapi murid atau sebaliknya. Disisi lain, pembahasan pendidikan yang direlasikan dengan al-Qur?an masih sangat minim. Padahal, al-Qur?an sejak awal mula telah menghembuskan spirit-spirit terkait pendidikan. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.