Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru Sebagai Motivator Pada Mata Pelajaran IPS Di MTsN Bantargebang Bekasi Jawa Barat

Main Author: Annisa Wihastin
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran seorang guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTsN Bantargebang Bekasi Jawa Barat pada tahun 2015. Sampel penelitian ini adalah 50 siswa dengan teknik pemilihan yaitu cluster random sampling. Setiap kelas mewakili 10 orang siswa, sedangkan kelas yang digunakan untuk penelitian yaitu kelas IX-6, IX-7, IX-8, IX-9 dan IX-10. Teknik analisa data yaitu dengan mendeskriptifkan hasil wawancara, mendeskriptifkan hasil angket siswa, dan juga menganalisis hasil observasi. Sebagai validasi/keabsahan data penelitian yang telah dikumpulkan, maka dilakukan pula teknik Triangulasi data. Triangulasi data ini dilakukan dengan cara menggabungkan serta mendeskriptifkan hasil observasi, wawancara guru dan penyebaran angket kepada responden yakni siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah berperan sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan angket yang rata-rata menjawab bahwa guru selalu berperan sebagai motivator sebanyak 36,4% dan hasil wawancara guru yang menjelaskan bahwa mereka telah banyak menggunakan berbagai cara, baik media pembelajaran ataupun hal lain yang berkaitan dengan pemberian motivasi kepada siswa dengan cukup baik.