Penerapan layanan prima di perpustakaan: antara harapan dan kenyataan

Main Author: Susialia Fitriani
Format: Journal
Terbitan: Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan bagaiman apenerapan layanan prima di perpustakaan. metode yang digunakan adalah kajian literatur. hasil analisis menunjukan bahwa layanan ini mengacu kepada peraturan yang berlaku dan standar yang telah ditetapkan pemerintah. layanan perpustakaan harus diselenggarakan sesuai dengan standar nasional perpustakaan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pemustaka. keberadaan perpustakaan adalah untuk memenuhi kebutuhan pemustaka secara prima yakni perpustakaannya maupun pustakawan harus dapat menerapkan layanan dengan ramah,cepat,tepat,mudah,sederhana,murah serta memuaskan. tak hanya itu perpustakaan harus menerapkan sistem online agar pemustaka dapat mengakses informasi kapanpun dan dimanapun berada. layanan prima yang identik dengan senyum,sapa,salam dan layanan setulus hati. untuk menuju keberhasilan layanan prima suatu perpustakaan tentunya tidak terlepas dari unsur-unsur dan aspek manajemen yang harus diterapkan dengan baik supaya tujuan layanan prima perpustakaan dapat tercapai dan bukan lagi mimpi tetapi menjawab semua harapan dan kenyataan masyarakat atau pemustaka sesuai dengan harapan.