Bimbingan dengan teknik perilaku (behaviour therapy) untuk meningkatkan keterampilan sosial anak ADHD (ATTENTION DEFICIT/HYPERACTIVITY DISORDER)
Main Author: | Nur Faizah Romadona |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Attention Deficit-Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan gangguan perkembangan pada masa anak dapat berlanjut hingga usia dewasa. anak ADHD seringkali memiliki keterampilan sosial yang rendah akibat perilakunya yang cenderung agresif, mendominasi, impulsif, kurang matang, dan banyak bicara. perilaku ini merupakan akibat dari trias gejala utama ADHD yaitu kurang perhatian, impulsif dan agresif, yang dapat mengakibatkan munculnya gangguan lain seperti self-esteem yang rendah,depresi,kecemasan,dan penurunan prestasi akademik. saat ini jumlah anak ADHD mengalami peningkatan,baik didunia maupun di indonesia. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan bimbingan dengan terapi perilaku (behavior therapy) dapat meningkatkan keterampilan anak ADHD dikelas rendah? subyek merupakan dua orang anak laki-laki usia 7-8 tahun. desain penelitian yang digunakan adalah single subject design (desain subjek tunggal) dengan desai ABA. data disajikan dalam grafik dan dianalisis visual. model bimbingan dengan terapi perilaku diberikan bagi guru dan orangtua dalam 7 sesi pertemuan. hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan bimbingan dengan terapi perilaku efektif dapat meningkatkan keterampilan sosial anak ADHD kelas rendah,yang meliputi aspek kerjasama,sikap asertif,tanggung jawab,empati,dan kontrol diri. rekomendasi diberikan bagi guru, orang tua anak ADHD maupun kepala sekolah,agar mempertimbangkan penerapan bimbingan dengan terapi perilaku untuk meningkatkan keterampilan sosial anak ADHD dikelas rendah.