Peningkatan keterampilan menyimak dengan model pembelajaran savi dan media video interaktif pada siswa kelas XI MA
Main Author: | Etina Sri Sajrina |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran menyimak isi diskusi dengan model pembelajaran SAVI dan media video interaktif debat kontroversial berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas XI MA ibrohimiyyah brumbung mranggen demak, 2) bagaimana peningkatkan keterampilan menyimak isi diskusi dengan model dan media tersebut, 3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas XI MA ibrohimiyah brumbung mranggen setelah mengikuti pembelajaran menyimak isi diskusi dengan model dan media tersebut. berdasarkan teknik analisia data, dapat diketahui bahwa model SAVI dan media video interaktif debat kontroversial berbasis pendidikan karakter dapat meningkatkan keteramoilan menyimak isi diskusi siswa kelas XI IPS MA ibrohimiyyah brumung,mranggen, demak. peningkatan keterampilan menyimak isi diskusi diketahui dari hasil tes prsiklus, siklus I, dan siklus II. nilai rata-rata kumulatif pada prasiklus mencapai 62,68 dengan kategori kurang pada rentang nilai 0-65. nilai rat-rata kategori cukup pada rentang nilai 66-75. pada siklus II, nilai rata-rata kumulatif mengalami peningkatan menjadi 82,93 dengan kategori baik pada rentang nilai 76-85.