Efektivitas program bimbingan dan konseling kelompok untuk meningkatkan regulasi diri, efikasi diri, dan prestasi akademik

Main Author: Elvi Noviawati
Format: Journal
Terbitan: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas program bimbingan dan konseling kelompok untuk meningkatkan regulasi diri dalam belajar, efikasi diri akademik, dan prestasi akademik. penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan sampel peserta didik kelas delapan berprestasi akademik rendah di SMP Al-biruni cerdas mulia. sampel yang berjumlah 27 orang dibagi dalam tiga kelompok secara random, yaitu kelompok kontrol, kelompok bimbingan akademik tentang keterampilan belajar (BKB), dan kelompok konseling kelompok yang dipadukan dengan bimbingan akademik tentang keterampilan belajar (KKBKB). penelitian ini menggunakan instrumen Academic self-regulation questionnaire, Academic self-efficary scale, panduan wawancara, dan UAS IPA. temuan penelitian menunjukan bahwa peserta didik berprestasi akademik rendah memiliki karakteristik regulasi diri dalam belajar dan efikasi diri akademik yang rendah. pengujian efektivitas menunjukan bahwa KKBKB efektif dalam meningkatkan regulasi diri dalam belajar, efikasi diri akademik, dan prestasi akademik pesserta didik apabila dibandingkan dengan kelompok kontrol dan kelompok BKB> efektivitas ini berkaitan dengan motivasi internal anggota kelompok KKBKB yang lebih tinggi, rencana dan strategi belajar yang lebih baik, tujuan akademik yang lebih tinggi, efikasi diri yang lebih baik dalam mencapai tujuan dan menerapkan strategi belajar, lebih disiplin dan konsisten dalam menerapkan strategi belajar, lebih mampu mengatasi hambatan dalam belajar, serta memiliki kepuasan yang lebih baik terhadap hasol belajar.