Pengaruh Promosi Terhadap Pengolahan Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah (Studi Khusus Pada Yayasan Imdadt Mustadh'Afin)
Main Author: | Sudardi Waluyo |
---|---|
Format: | Journal |
Terbitan: |
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Berdasarkan kajian Islamic Development Bank, potensi zakat indonesia mencapai Rp 100 triliyun. Realitasnya, jumlah zakat yang berhasil dikumplkan Badan Amil Zakat Nasional tahun 2010 mencapai 1,5 triliyun atau 1,5% penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara biaya promosi yang dikeluarkan terhadap perolehan dana ZIS. Dengan mengguanakan analisis regresi, analisis koefisien korelasi dan uji hipotensi, hasil penelitian ini menunjukkan nilai persamaan regresi sebesar Y= -3749,9 + 37,8X, yang berarti kedua variabel yaitu biaya promosi dan dana ZIS memiliki hubungan yang searah dan positif. Nilai r pada kofisien korelasi sebesar 0,78. Artinya, adanya hubungan yang kuat antara biaya promosi dan dana ZIS. Sementara Coefficient of determinan memiliki nilai sebesar 0,63,6. Artinya biaya promosi yang dikeluarkan menjadi penentu perolehan dana ZIS sebesar 63% sedangkan sisanya ditentukan oleh fakto-faktor lain di luar promosi.