Perbandingan efektivitas antara metode video dan cerita boneka dalam pendidikan seksual terhadap pengetahuan anak prasekolah tentang personal safety skill
Main Author: | Istiqomah Aprilaz |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Angka kekerasan seksual pada anak dibawah umur di Indonesia setiap tahunnya masih tinggi. Kekerasan seksual pada anak biasanya datang dari lingkungan sekitar anak. Dampak dari kekerasan seksual pada anak dapat mengganggu baik secara fisik maupun psikologis anak. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah kekerasan seksual pada anak adalah dengan mengajarkan anak tentang keamanan diri mereka melalui pendidikan seksual pada anak sedini mungkin. Pendidikan pada anak prasekolah diberikan melalui video dan cerita boneka, yang keduanya disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas antara metode video dan cerita boneka dalam pendidikan seksual terhadap pengetahuan anak prasekolah tentang personal safety skill. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan quasi experiment design dengan metode pre-test and post-test with control group design. Sampel berjumlah 28 orang, 15 orang pada kelompok video dan 13 orang pada kelompok cerita boneka yang diperoleh dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan Paired t test dan Independent t test. Hasil penelitian didapatkan pengaruh signifikan pendidikan seksual dengan metode video maupun cerita boneka terhadap peningkatan pengetahuan dengan p value <0.05 dan tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelompok video dan cerita boneka pada pendidikan seksual dalam meningkatkan pengetahuan anak prasekolah tentang personal safety skill dengan p value >0.05. Pembelajaran tentang personal safety skill dapat diberikan kepada anak prasekolah melalui video dan cerita boneka untuk dapat meningkatkan pengetahuan.