Peningkatan hasil belajar PKn pada materi proses perumusan Pancasila melalui model pembelajaran cooperative learning type jigsaw: penelitian tindakan kelas siswa kelas VI MI Nurul Falah Bogor

Main Author: Yulyani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://tulis.uinjkt.ac.id/file?file=digital/2017-8/81992-YULYANI-FITK.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui teIjadinya peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa setelah pembelajaran PKn di kelas VI pada topik Proses Perumusan Pancasila dengan menggunakan cooperative learning teknik jigsaw. Dalam penelitian ini penulis mengambil salah satu altematif metode pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran PKN pada topik masalah-masalah sosial di kelas VI dengan menggunakan metode cooperative learning teknik jigsaw. Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus. Tindakan ini disertai dengan instrumen penelitian berupa tes, lembar observasi, wawancara dan angket. Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Falah Asem Parungpanjang Bogor dengan jumlah siswa 25 orang pada semester ganjil. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda, lembar observasi rangkaian pembelajaran yang dilakukan guru, dan lembar observasi aktivitas siswa terhadap pembelajaran. teknis analisis data dilakukan dengan perhitungan rata-rata skor tes, hasil belajar siswa dengan aktivitas selama siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa setelah tindakan pembelajaran melalui metode Cooperative learning. Hasil belajar yang diperoleh siswa dari tindakan siklus I dan II terlihat adanya peningkatan yang signifikan. Maka, dapat disimpulkan bahwa metode cooperative learning pada topik Proses Perumusan Pancasila di kelas VI dapat dijadikan salah satu altematif metode yang dapat digunakan untuk memperbaiki hasil belajar siswa.